Jenis Kain Batik Indonesia

Harga kain batik yang dijual di pasaran bermacam-macam. Kain batik dijual mulai dari harga 30 ribuan hingga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Padahal, jika dilihat secara kasap mata tidak ada yang membedakan hal tersebut. Nah, pertanyaannya adalah berapa harga kain atau baju batik yang sering Anda beli? Ternyata, perbedaan harga ini sesuai dengan kualitas yang berikan. Untuk produk batik sepeti sprei, mukena ataupun celana mungkin tidak terlalu banyak variasi harga. Tetapi, untuk kemeja batik pada khususnya, harga sangat bervariasi dan kualitas berbeda-beda. Misalnya kemeja batik pria. Ada yang membeli dengan harga 50 ribuan, namun ada yang sampai membeli dengan harga 300 ribuan. Ini adalah hal yang sangat signifikan.

Tiga Jenis Kain Batik Indonesia

Seperti slogan yang sering kita dengan yaitu harga membawa rupa. Hal ini berarti harga yang ditetapkan akan sesuai dengan kualitas barang yang diterima. Namun, harga mahal juga belum tentu menentukan kualitas yang terbaik. Terkadang ada penjual yang menipu. Oleh karena itu, Anda harus memahami beberapa karakteristik kemeja batik pria. Jenis-jenis kain batik di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Batik tulis

Batik tulis dianggap memiliki prestise yang lebih tinggi dibandingkan dengan batik jenis lain. Batik ini memang murni dibuat menggunakan tangan para pengrajin menggunakan teknik membatik manual. Ciri lain dari batik ini yaitu memiliki aroma yang khas karena menggunakan pewarna alami. Ciri lain yang sangat mencolok adalah harga yang sangat mahal mencapai jutaan rupiah.

  1. Batik cap

Ini adalah jenis kain batik yang paling banyak berada di pasaran. Kain batik ini sering digunakan sebagai seragam-seragam sekolah. Selain itu, motif batik juga sangat beragam dan harganya cukup terjangkau.

  1. Batik print

Batik print atau batik sablon memiliki ciri khas harga yang sangat murah. Selain itu, kemeja batik pria kenis ini lebih banyak dan lebih meriah. Motif kain batik sangat rapi dan simetris, bahkan sempurna dibanding dengan jenis kain batik lain.

Related posts: