Gejala Tipes Ringan Yang Perlu Diketahui

Penyakit tipes merupakan penyakit yang sering dialami anak-anak, penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri bernama salmonella typhi dan biasanya akan menyebar pada makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Banyak gejala tipes ringan yang bisa diketahui sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit tipes yang semakin parah. Penyakit tipes akan sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan cara yang cepat dan tepat. Infeksi dari demam tifoid ini dapat terjadi jika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi dengan jumlah kecil tinja yang terinfeksi bakteri. Banyak masyarakat yang sering mengalami penyakit ini, tentu hal tersebut disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan makanan dan lingkungan sehingga tubuh mudah terserang penyakit tipes.

Gejala Tipes Ringan

Penyebab utama penyakit tipes adalah karena masuknya bakteri salmonela ke dalam saluran usus melalui konsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dan kemudian berkembang pada saluran pencernaan. Nah ketika bakteri yang masuk dan berkembang di dalam sistem pencernaan tentu gejala tipes ringan akan dialami seperti demam tinggi, sakit perut, sembelit dan diare. Nah jika kalian tidak ingin mengalami penyakit tipes yang lebih parah sebaiknya kalian perlu memperhatikan beberapa gejala penyakit tipes ringan. Yang pertama adalah adanya bintik pada tubuh, nah jika kalian sudah mengalami bintik pada kulit disertai demam tinggi sebaiknya segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Gejala bintik ini mirip dengan penyakit demam berdarah sehingga pemeriksaan tersebut memastikan apakah kalian mengalami penyakit tipes atau justru demam berdarah.

Selanjutnya nafsu makan yang menurun, seseorang yang mengalami gejala tipes akan memiliki nafsu makan yang menurun. Kemudian denyut jantung juga mengalami penurunan, hal ini menandakan bahwa kondisi tubuh lemah. Demam juga menjadi gejala ringan penyakit tipes, demam yang terjadi juga tidak stabil terkadang naik dan terkadang turun. Kemudian tubuh terasa lemas dan letih, hal ini karena penderita mengalami nafsu makan yang menurun sehingga metabolisme tubuh terganggu. Nah beberapa gejala tipes ringan tersebut bisa kalian pahami sehingga ketika sudah mengalami hal itu kalian bisa cepat tanggap dalam mengatasinya.

Related posts: